Senin, 25 April 2011

Cara Membuat File bertipe PDF dengan Microsoft Office 2007

File bertipe pdf sangat nyaman digunakan untuk membaca sebuah dokumen yang sudah jadi dan yang hendak dipublikasikan. Pengguna atau pembaca bisa membaca lembar demi lembar file dengan menggunakan scroll mouse, kursor, dan handtool dengan mouse. Jika ingin melompat ke satu halaman tertentu, pengguna tinggal mengetikan nomor halaman di kotak navigasi halaman. File berekstensi pdf juga memiliki keamanan data yang tinggi, jika suatu dokumen disajikan dalam bentuk pdf, maka pembaca tidak akan mudah mengubah isi dari dokumen. Berbeda dengan dokumen yang disajikan dalam format doc, pembaca bisa sangat mudah mengubah, menambah, dan menghapus isi dokumen.

Namun dengan kelebihan-kelebihan file pdf yang saya sebutkan diatas, untuk membuat file bertipe ini lumayan sulit. Jika kita membuka aplikasi Adobe Reader (pembaca file bertipe pdf) maka untuk membuat file kita diarahkan untuk membuatnya secara online di Acrobat.Com. Ribet bukan? Apalagi jika kita tidak memiliki koneksi internet.
Bagi yang tidak punya koneksi internet atau bahkan yang punya koneksi internet tapi tidak mau direpotkan dengan harus membuat dokumen berformat pdf secara online, anda bisa membuatnya dengan Microsoft Office 2007. Anda tentu sangat familiar dengan aplikasi pengolah kata ini.(Office disini mencakup seluruh aplikasi yang ada didalamnya baik Word, Excel, dsb).
Cara kerjanya cukup mudah!
  1. Download dulu software untuk mengubah file doc menjadi file pdf di link download yang saya sediakan dibawah.
  2. Install softwarenya. Mudah, prosedur installasi standar.
  3. Ketikan isi dokumen anda di Microsot Office 2007. Saya misalkan di Microsoft Word, jika sudah selesai membuat dokumen yang anda buat maka simpanlah file tersebut sebagai (Save As) file PDF or XPS.
Jangan lupa, tetap simpanlah dokumen anda dengan ekstensi doc/docx supaya masih bisa diubah atau disempurnakan jika anda membutuhkan.

Download Aplikasi SaveAsPDFandXPS disini.

0 komentar:

Posting Komentar

terima kasih atas komentar anda

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Terima Kasih telah berkunjung di blog ini, semoga apa yang anda baca di blog ini bisa bermanfaat untuk diri anda dan orang banyak... teruslah berbagi sebab berbagi itu adalah indah... "sungguh beruntung orang-orang yang mau berbagi ilmu untuk kebaikan"

Tukaran Link's

Blogger news

Apakah anda memiliki BLOG..?? Jika ada silahkan daftarkan di kampung blogger? atau klik di sini Segeralah daftarkan Blog anda, Anda akan berpenghasilan melalui blog di internet. Salam Mandar Menelusur.