Senin, 25 April 2011

Cara Mengetahui Bad Sector Harddisk

Harddisk adalah merupakan salah satu perangkat yang sangat penting dalam sebuah computer. Operating system, maupun data tersimpan dalam harddisk. Tetapi karena suatu hal, bisa saja harddisk tersebut menjadi rusak sehingga tidak bisa kita gunakan. Oleh karena itu sebaiknya kita tetap menjaga agar harddisk tidak menjadi rusak. Ada beberapa cara agar harddisk terhindar dari kerusakan, diantaranya adalah dengan membuat partisi-partisi pada harddisk tersebut. Namun demikian yang namanya suatu benda tetap ada batasan umur, walaupun sudah dijaga dan dirawat tetap akan bisa rusak karena usia.

Kerusakan yang terjadi pada harddisk ini bisa berupa bad sector atau bad block. Bad sector inipun ada tingkatannya ada yang permanen dan ada yang tidak. Untuk mengetahui bahwa harddisk tersebut terkena bad sector, bisa dilakukan dengan membuka perintah [check now] melalui properties pada drive atau partisi yang kita mau lakukan pengecekan bad sectornya. Caranya adalah :

Klik kanan pada partisi yang mau di check bad sectornya > kemudian pilih properties.
Muncul jendela properties, pada tab [tools] klik [check now].
Pada jendela yang muncul beri tanda centang pada [automatically fix file system errors] dan [Scan for and attempt recovery of bad sector] > klik start.

0 komentar:

Posting Komentar

terima kasih atas komentar anda

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Terima Kasih telah berkunjung di blog ini, semoga apa yang anda baca di blog ini bisa bermanfaat untuk diri anda dan orang banyak... teruslah berbagi sebab berbagi itu adalah indah... "sungguh beruntung orang-orang yang mau berbagi ilmu untuk kebaikan"

Tukaran Link's

Blogger news

Apakah anda memiliki BLOG..?? Jika ada silahkan daftarkan di kampung blogger? atau klik di sini Segeralah daftarkan Blog anda, Anda akan berpenghasilan melalui blog di internet. Salam Mandar Menelusur.